Saturday, April 16, 2005

Jawaban Untuk Masuk Ke Perguruan Tinggi India

Oleh Zamhasari Jamil

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera kami sampaikan semoga saudara/i senantiasa dalam keadaan sehat wal'afiat dan sukses dalam menjalankan segala aktifitas sehari-hari. Amien.

Informasi mengenai Belajar dan Kuliah di India, kami sampaikan bahwa secara umum lama masa belajar di India, untuk jenjang Bachelor Degree (S-1) hanya ditempuh dalam waktu 3 tahun dan tanpa dibebani dengan penulisan skripsi (untuk jurusan ilmu sosial dan humanities), akan tetapi untuk jurusan kedokteran dan ilmu hukum ditempuh selama 5 tahun. Adapun untuk jenjang Master Degree (S-2) ditempuh dalam waktu 2 tahun. Dan untuk program Doktor (Ph.D) bisa memakan waktu selama 4-5 tahun.

Untuk masuk ke Perguruan Tinggi di India, saudara/i harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan mengisi formulir yang disediakan oleh instituti yang bersangkutan. Kemudian saudara/i juga harus mengikuti ujian test masuk. Ada juga beberapa universitas di India yang tidak mengharuskan ujian/test masuk dikarenakan adanya quota untuk mahasiswa asing seperti Aligarh Muslim University
www.amu.ac.in, Delhi University www.du.ac.in, Jamia Millia Islamia www.jmi.ac.in dan lain-lainnya.

Permasalahannya, bagi universitas-universitas yang mewajibkan tes masuk ini, Kedutaan Besar India di Jakarta biasanya tidak mengeluarkan Visa Pelajar (Student Visa) sebelum saudara/i tercatat menjadi mahasiswa/i di salah-satu Perguruan Tinggi di India. Sehingga jika saudara/i datang ke India dengan menggunakan Visa Masuk (Entry Visa) hanya untuk mengikuti ujian masuk, dan kemudian saudara/i dinyatakan lulus, maka saudara/i harus kembali lagi ke Indonesia untuk memperoleh Visa Pelajar (Student Visa) dari Kedutaan India di Jakarta atau di Konsulat Jenderal India yang ada di daerah seperti di Medan, Sumatera Utara.

Mengenai Universitas-universitas yang tidak mensyaratkan ujian/test masuk, seperti Aligarh Muslim University (AMU) atau beberapa universitas lainnya, maka saudara/i harus memenuhi beberapa hal dibawah ini guna mempermudah kami untuk mendaftarkannya.

1. Terjemahan Ijazah dan Nilai Akhir dalam Bhs. Inggris 1 Lembar.
2. Foto copy Ijazah dan Nilai Akhir yang Asli dan sudah dilegalisir 1 Lembar.
3. Pas Photo ukuran 4x6 sebanyak 12 Lembar.
4. Melampirkan sepucuk surat yang menjelaskan tentang jurusan yang saudara/i kehendaki minimal 3 jurusan dan nama universitas yang Saudara/i inginkan.
5. Menuliskan nama ayah dan ibu serta alamat lengkap dan nomor telephone di Indonesia.

Hal di atas merupakan syarat-syarat penting jika saudara/i ingin kami daftarkan langsung ke Perguruan Tinggi. Dan saudara/i juga harus mengirimkan biaya formulir dan pendaftaran ini lebih kurang sebesar USD $ 50. Pendaftaran mahasiswa baru akan dimulai pada bulan Maret hingga akhir Mei.

Untuk memperoleh data-data mengenai universitas di India dapat saudara lihat di website -website berikut ini:

1).
http://www.education.nic.in
2). http://dir.123india.com/education/colleges_and_universities/
3). http://www.educationaddress.com
4). http://www.educationinfoindia.com
5). http://www.egurucool.com

Pemerintah India juga memberikan beasiswa melalui program Indian Council for Cultural Relation (ICCR), dan beasiswa ini diberikan kepada seluruh mahasiswa/i yang berasal dari berbagai negara termasuk Indonesia. Adapun cara untuk memperoleh beasiswa ini, terlebih dahulu saudara harus mendapatkan formulir beasiswa yang tersedia di Kedutaan India Jakarta, di Atase Pendidikan dan Informasi, Mr. Shri Kaisar Alam, nomor telp. 021-021-5204168. Atau saudara juga boleh mengecek langsung di website berikut:
http://www.embassyofindiajakarta.org dan http://www.eoijakarta.or.id/EOfficials.html

Pendaftaran untuk memperoleh beasiswa tersebut biasanya di mulai dari bulan Januari hingga pertengahan Pebruari. Scheme yang ditawarkan itu adalah GCSS, silakan buka link ini:
http://www.embassyofindiajakarta.org/content.php?sid=54#GCSS. Formulir beasiswa tersebut juga dapat saudara download dari website:
http://www.embassyofindiajakarta.org/pdf/app_iccr.pdf

Formulir beasiswa tersebut berjumlah 11 halaman, dan formulir tersebut harus diisi sesuai dengan data-data saudara/i secara benar dengan mengikuti petunjuk yang tersedia, Setelah diisi dengan benar, maka kirimkan Formulir beasiswa tersebut ke Kedutaan India di Jakarta. Sertakan juga bersama formulir tersebut terjemahan berbahasa Inggris Ijazah dan Nilai Akhir sebanyak 7 rangkap dan silabus pelajaran saudara dari pihak sekolah terakhir saudara sebanyak 2 rangkap, kemudian surat rekomendasi tentang kemampuan Bahasa Inggris saudara dari 2 orang yang benar-benar mengakui kemampuan bahasa Inggris saudara seperti guru Bahasa Inggris saudara dan sepucuk surat permohonan dari saudara untuk mengikuti pendidikan di India dengan memperoleh beasiswa dari ICCR yang ditujukan kepada Mr. Shri Kaisar Alam (Attache Education and Information), Embassy of India, Jakarta.

Bahasa Pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris, Hindi, Urdu, dan bahasa Arab bagi yang mengambil jurusan bahasa Arab. Karena itu, we are - foreigners - assumed to have sufficient knowledge in english, if not, it'll be on our own risk. Mengenai biaya kuliah bagi yang self finacial dapat dilihat di arsip mailing list PPI India [
ppiindia@yahoogroups.com] berikut ini:

http://geocities.com/arsip_nasional/beasiswa/beasiswa5.htm

Adapun universitas yang menjadi tempat konsentrasi belajar mahasiswa/i Indonesia selama ini adalah: Delhi University di New Delhi, Jawaharlal Nehru University di New Delhi, Jamia Millia Islamia di New Delhi, Jamia Hamdard di New Delhi, Aligarh Muslim University, Aligarh di Uttar Paradesh (UP), Lucknow University di Uttar Paradesh (UP), Agra University di Agra, Bangalore University di Bangalore, Hyderabad University di Hyderabad, Pune University di Pune dan di Indian Istitute of Technology (IIT) Roorkee di Roorkee.

Demikian surat ini kami sampaikan semoga bisa membantu saudara/i. Bila masih ada yang ingin ditanyakan, silakan hubungi kami di email
ppi.india@gmail.com, ppiindiya@yahoo.co.in Kunjungi website PPI India di http://www.ppi-india.org. Selamat belajar dan semoga sukses. ***

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


New Delhi, 16 April 2005

TTD.,

Zamhasari Jamil, Mantan Ketua Umum Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) India Periode 2002-2003; Mahasiswa pada Department of Islamic Studies di Jamia Millia Islamia, New Delhi, India.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home