Saturday, October 16, 2004

Ramadhan dan Winter Tiba Bersamaan

Oleh: Zamhasari Jamil

BERSYUKUR kita kepada Allah Ta'ala karena kita masih diberi umur yang panjang sehingga kita masih bisa menikmati indahnya bulan Ramadhan 1425 H ini. Tahun ini adalah tahun yang ketiga kalinya saya berpuasa Ramadhan di negeri Gandhi ini, India bagian utara, tepatnya di New Delhi. Di India, puasa Ramadhan tahun ini dimulai hari Sabtu (16/10). Jadi, lebih dulu satu hari di Indonesia. Dan yang patut kita syukuri juga bahwa permulaan puasa di Indonesia telah dimulai secara serempak pada tanggal 15 Oktober 2004. Kita berharap, agar kekompakan semacam ini bisa terus dijaga pada tahun-tahun mendatang.

Gema dan semarak menyambut kedatangan bulan Ramadhan inipun juga tak kalah jauh meriahnya bila dibandingkan dengan semarak menyambut kedatangan bulan Ramadhan di negeri kita Indonesia. Bila di Indonesia berbagai perayaan menyambut kedatangan bulan Ramadhan diisi dengan acara menziarahi kubur, mandi belimau, belimau kasai dll; maka di India hal-hal yang semacam ini tak akan ditemukan. Di India, acara menyambut kedatangan bulan Ramadhan ditandai dengan keluarnya semua lelaki muslim, mulai dari anak-anak hingga orang yang sudah lanjut usia menuju mesjid untuk melaksankan solat Maghrib secara berjamaah. Setelah Maghrib usai, tampak sesama warga saling memaafkan dan saling memberikan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1425 H.

Pada malam pertama melaksanakan sholat Tarawih, mesjid Jami' yang terletak di Zakir Nagar, New Delhi, sebuah kawasan Muslim dimana saya tinggal selama mengikuti pendidikan di Jamia Millia Islamia ini, sesak dipadati oleh jama'ah. Mesjid yang mampu menampung lebih kurang 3.000 jamaah tersebut tidak hanya ramai pada malam bulan Ramadhan, tapi juga ramai pada setiap sholat lima waktu. Suasana Ramadhan memang benar-benar terasa di sini. Toko-toko baru dibuka pada pukul 10.00 pagi. Dan di waktu sore, kita akan melihat para pedagang yang menjual berbagai macam jenis makanan sebagai pembuka puasa. Mulai dari buah-buahan hingga goreng-gorengan. Asyik dan nikmat sekali.

Setelah sholat Tarawih, kita akan menyaksikan banyak jamaah yang masih tetap beri'tikaf (berdiam diri) di mesjid, membaca Al-Quran dan melaksanakan sholat sunnat-sholat sunnat lainnya. Hanya saja, hampir di seluruh mesjid di India tidak menyediakan ruang untuk wanita. Sehingga, sudah tiga tahun saya berada di India, saya belum pernah menemukan ada wanita yang melaksanakan sholat di mesjid, baik itu secara sendiri apalagi berjamaah. Akan tetapi, setiap orang tua Muslim di India telah membiasakan diri anak laki-lakinya untuk melaksanakan sholat secara berjamaah di mesjid sejak mereka masih kecil, berusia tujuh tahun. Tak heran, bila setiap orang tua akan selalu membawa anak laki-lakinya ke mesjid untuk melaksanakan sholat secara berjamaah. Suatu pemandangan yang cukup indah dilihat dan patut ditiru oleh setiap orang tua Muslim.

Bagaimana dengan masyarakat Muslim Indonesia di India? Alhamdulillah di kawasan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) New Delhi juga ada Mushalla yang diberi nama Musholla Baiturrahman. Di Musholla Baiturrahman ini, selain dihadiri oleh jamaah yang terdiri dari diplomat, staff KBRI dan masyarakat Indonesia, juga dihadiri oleh diplomat dan staff Kedutaan Besar Malaysia, Singapura, Brunai. Begitu juga ketika pelaksanaan sholat Eid, mahasiswa Muslim asal Thailand pun biasanya ramai yang melaksanakan sholat Eidnya bersama kita masyarakat Muslim Indonesia di India.

Satu hal yang sudah menjadi tradisi rutin di kalangan masyarakat Muslim Indonesia di India, bahwa berbuka puasa hari pertama dilakukan di kediaman Bapak Duta Besar RI. Acara buka puasa di kediaman Bapak Duta Besar ini dihadiri oleh semua masyarakat Indonesia di New Delhi dan sekitarnya. Acara ini juga digunakan sebagai ajang untuk bersilaturrahmi dan saling bermaafan. Kebersamaan betul-betul terasa. Setelah berbuka puasa, kemudian dilanjutkan dengan sholat Maghrib secara berjamaah. Setelah itu barulah diteruskan dengan acara makan malam. Usai acara makan malam, barulah diteruskan dengan sholat Isya dan sholat Tarawih secara berjamaah di Musholla Baiturrahman, yang jaraknya lebih kurang 20 meter dari kediaman Bapak Duta Besar.

Sehabis melaksanakan sholat Tarawih, juga diisi dengan pengajian singkat yang berkaitan dengan keislaman. Mulai dari persoalan seputar sholat, Al-Quran dan masalah-masalah keislaman lainnya. Pengajian yang semacam ini diisi oleh rekan-rekan mahasiswa dan mahasiswi Indonesia yang belajar di India. Tentunya juga tak terlepas dari dukungan yang diberikan oleh pihak pengurus Musholla Baiturrahman dan KBRI New Delhi serta masyarakat Indonesia di India pada umumnya. Dalam setiap kesempatan di pengajian itu, terlihat para jamaah baik bapak-bapak maupun ibu-ibu begitu antusias mengikuti setiap materi yang disampaikan dan para jamaahpun juga tak segan-segan untuk bertanya atau memberikan komentar. Suasana pengajian semacam ini benar-benar terasa hidup dan berjiwa.

Menariknya, puasa di India kali ini juga tiba bersamaan dengan musim dingin atau winter, tapi belumlah se-dingin pada tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja, pada pukul 21.30 malam, ketika hendak pulang dari musholla Baiturrahman ini menuju kediaman kita masing-masing, kita sudah mesti mempersiapkan baju tebal. Hal ini kita lakukan sebagai langkah antisipasi menghindari penyakit yang biasanya kerap muncul menjelang permulaan musim dingin. Namun, sebagai umat Islam, kita harus bangga dan menyadari bahwa dalam ibadah puasa ini, selain menjalankan perintah dari Allah SWT, puasa juga memiliki alasan dari sisi saintifik.

Menurut Dr. Alan Cott, seorang ahli obat-obatan Amerika yang bertempat tingal di Texas mengatakan bahwa: "Berpuasa itu dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Mulai dari penyakit migren (sakit kepala) hingga penyakit tekanan darah tinggi, penyakit tulang dan penyakit anemia." Masih menurut Dr. Cott bahwa 99 persen masyarakat yang terkena penyakit tersebut disebabkan oleh kelebihan makan (overeating). Puasa juga dapat berfungsi untuk membersihkan diri para peminum minuman keras. Disamping itu, Dr. Yuri Nikolayev (mantan USSR) menyebutkan bahwa puasa tersebut juga terbukti cukup ampuh untuk mengobati penyakit jiwa (Schizophrenia) dan penyakit mental lainnya.

Dengan berpuasa, kita berharap semoga Allah menjauhkan segala penyakit dari diri kita, baik penyakit jasmani maupun penyakit rohani. Insya Allah dengan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan ini, kita memperoleh kesehatan sehingga kita masih bisa berbuat yang terbaik untuk agama, bangsa dan negara kita Indonesia pada hari-hari mendatang. ***

Zamhasari Jamil, Mahasiswa pada Department of Islamic Studies di Jamia Millia Islamia – A Central University, New Delhi, India.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home